Pohon yang baik

Pofetik Learning:.Dalam Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 24 dan 25 Allah menjelaskan:
“.....perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya....”
Perumaaan seorang manusia yang baik, ia memiliki hubungan kepada Allah dan sesama manusia yang baik. Ia memiliki aqidah dan iman yang kuat lagi mantap, tidak akn goyah dan bergeser sedikitpun saat badai ujian dan cobaan menerpa, bahkan sebaliknya, aqidah dan keimanannya makin bertambah mantap. Hal ini disebabkan karena ia memiliki batang yang kokoh ditambah akar-akar yang menunjam kuat di perut bumi.

Disamping itu, akar-akarnya yang menunjam kuat ke perut bumi, menyebar kesekeliling, ia dengan mudah menyerap saripati makanan dan unsur hara yang bertebaran disekitar. Ia dengan meudah menerima kebenaran dan ilmu, ia dengan mudah menerima kritikan dan nasihat.

Begitu juga hubungannya dengan sesama manusia, ia memiliki akhlak yang baik, tutur kata dan sopan santun. Ia selalu memberikan buah yang manis dan segar. Bahkan saat orang-oran disekitar melemparinya dengan batu, ia membalasnya dengan buah yang manis lagi segar. Ia menyegarkan udara sekitar, bahkan udara kotor yang ia terima, diubahnya menjadi udara segar yang menyehatkan.

Begitulah gambaran seorang mukmin yang ideal. Ia memiliki akar aqidah dan keimanan yang kuat lagi kokoh. Sebagaimana Sahabat Rasulullah SAW. Mereka di cap sebagai generasi terbaik. Hal ini dapat kita lihat dari berbagai ujian dan cobaan yang mereka hadapi, tapi sedikitpun mereka tidak goyah, apalagi bergeser. Ujian yang mereka hadapai tidak ada bandingannnya dengan ujian yang kita hadapai saat ini.

Begitu juga dengan akhlak mereka. Rosulullah mengajarkan kita selalu memeberikan buah yang segar meskipun kepada orang-orang yang melempari kita dengan batu. Bahkan kepada orang yang selelu meludahi beliau sekalipun, tidak lepas dari balasan yang berupa akhlak yang terbaik. Begitu juga kepda seorang nenek tua yang buta, yang kesehariannya mengumpat dan mencemooh Rasulullah, bahkan tidak tanggung-tanggung ia mencemooha Rosulullah dihadapan Beliau. Tapi hal itu tidak membuat Rasulullah berakhlak buruk kepadanya, bahkan ia membalasnya dengan akhlak yang terbaik.

Begitulah Allah memberikan perumpamaan, perumpamaan yang selelu hadir dalam kehidupan kita, agar kita selalu mengingatnya dang menaplikasikannya dalam kehidupan kita.


“.....Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.” (Qs.Ibrahim : 25)
Description: Pohon yang baik Rating: 4.5 Reviewer: Admin Pembelajar ItemReviewed: Pohon yang baik
Posted by:Mbah Qopet
Admin Pembelajar Updated at: 22:22

0 comments

Post a Comment