Menangis Yang menghantarkan ke Syurga

Profetik Learning:.Menangis merupakan satu hal yang sangat erat dengan kehidupan manusia, bahkan menangis meruapakn salah satu hal yang pertama kali manusia lakukan tatkala memasuki alam dunia. Sehingga ada yang mengatakan, ada waktunya tertawa, ada waktunya menangis, yang menunjukkan betapa eratnya menangis dengan kehidupan manusia. Bahkan bisa dikatakan tidak normal jika manusia tidak pernah menangis, karena secara kodrat Allah telah menghadirkan menangis dalam kehidupan manusia.

“Dan Dialah Yang menjadikan manusai tertawa dan menangis”. (Qs. An-Najm:43)

Sesuatu yang terpenting dari menangis adalah dengan menangis, kita bisa mendapatkan naungan Allah di Yaumil Akhir kelak. Tapi, pertanyaannya, menangis yang seperti apakah itu?
Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

 “Ada tujuh  golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya:  1) Imam (pemimpin) yang adil, 2) pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Rabb-Nya, 3) seseorang yang hatinya terkait dengan masjid, 4) dua orang yang saling mencintai karena Allah, 5) seorang laki-laki yang dibujuk oleh wanita yang memiliki kedudukan lagi berparas cantik, lalu ia berkata: ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah.’ 6) Seseorang yang bershadaqah secara sembunyi sembunyi, sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya, 7) dan Seseorang yang menyendiri untuk mengingat Allah, lalu berlinanglah air matanya.”(Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim)

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengabarkan bahwa seseorang hamba yang menangis tidak akan dimasukkan ke dalam neraka. Menangis yang seperti apakah itu?
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Seseorang yang menangis karena takut kepada Allah tidak akan masuk Neraka, hingga air susu masuk kembali kepada ambinya.” (HR. At-Tirmidzi, kitab fadbaa-ilul jibaad ‘an Rasulillaah, bab Maa Jaa-a fii Harasi fii sabiilillaah. Ia berkata, “Hadits hasan shahih.”)

“Dua mata, yang keduanya tidak akan tersentuh api Neraka:  yaitu 1) Mata yang menangis karena takut kepada Allah, 2) mata yang dimalam hari berjaga-jaga (dari musuh) di jalan Alllah.” (  HR. At-Tirmidzi, kitab fadbaa-ilul jibaad ‘an Rasulillaah, bab Maa Jaa-a fii Harasi fii sabiilillaah. Dishahihkan oleh Syaikh al-Al-bani dalam al-Misykaah (no. 3829).

Dan banyak lagi janji-janji Allah dan Rasul-Nya kepada orang-orang yang menangis, tentunya menangis karena takut Kepada Allah, takut akan siksanya yang Maha Dahsyat.

Semoga Bermanfaat, dan semoga kita bisa mnejadi bagian dari orang-orang yang menangis karena takut kepada Allah.
Wallahu a’lam bish shawab

Dari berbagai sumber
Description: Menangis Yang menghantarkan ke Syurga Rating: 4.5 Reviewer: Admin Pembelajar ItemReviewed: Menangis Yang menghantarkan ke Syurga
Posted by:Mbah Qopet
Admin Pembelajar Updated at: 20:55

0 comments

Post a Comment