Al 'Inad (Pembangkangan dalam dakwah) 1

Dalam perjalanan dakwah sejak zaman Rasulullah SAW sampai saat ini, berjalan bukan tanpa hambatan dan rintangan, serta diwarnai dengan berbagai pembangkangan oleh oknum ummat islam, sehingga bisa dikatakan bahwa pembangkangan dalam dakwah merupakan keniscayaan, yang senantiasa muncul dalam setiap perjalanan dakwah. Hanya saja dalam perjalanannya, pembangkangan ada yang bernilai positif dan ada juga yang bernilai negatif.

Al 'Inad merupakan keinginan, atau pernyataan sikap atau ucapan yang mengungkapkan keinginan atau penolakan atas keinginan atasan. Al 'Inad ini bisa terjadi pada seorang anak kepada orang tuanya, sorang istri kepada suaminya, seorang murid kepada gurunya, atau seorang jundi kepada Qiyadahnya.

Ada kalanya Al 'Inad ini bermakna positif, jika dilakukan atas dasar pemahaman yang mendalam, dalil yang kuat, atau pemikiran yang jernih, bukan atas dasar dorongan hawa nafsu. Hal ini sering kita lihat dalam bentuk kritikan atau masukan kepada atasan atau Qiyadah, dan hal ini sangat diperlukan. Tetapi sebaliknya, Al 'Inad yang didasarkan pada dorongan hawa nafsu, keinginan yang kuat tetapi tidak didasarkan dalil yang kuat, dan tidak pula dengan pemahaman yang mendalam, Al 'Inad akan bernilai negatif, dan hal ini yang perlu kita hindari.

Jika kita merupakan bagian dari Islam, atau anak dari kedua orang tua yang Sholeh, atau berada pada gerbong dakwah, maka tetaplah disana, untuk tetap sami'na wa atho'na. Karena apa-apa yang diperintahkan oleh islam, kita meyakini itu semua merupakan kebaikan untuk kita, begitu juga, orang tua yang sholeh dan gerbong dakwah ini, mereka tidak akan menjerumuskan kita kedalam jurang kehancuran dunia dan akhirat. Begitulah, sikap kita kepada atasan kita yang kita yakini kapasitas dan kapabilitas mereka, kita dituntut untuk sami'na wa atho'na.

Ada beberapa penyebab munculnya Al 'Inad pada diri seseorang.
1. Asy-syu'ur bii istiqlaliyati adz-dzat
Merasa memiliki kemandirian personal, mungkin karena ia yang paling kaya, atau karena ketokohannya, atau karena ilmunya.

(bersambung)
Description: Al 'Inad (Pembangkangan dalam dakwah) 1 Rating: 4.5 Reviewer: Pak Sam ItemReviewed: Al 'Inad (Pembangkangan dalam dakwah) 1
Posted by:Mbah Qopet
Admin Pembelajar Updated at: 13:44

0 comments

Post a Comment