Guru Peradaban

Kata-kata yang sangat tidak asing kita dengar, bahkan ada diantara kita yang berfrofesi sebagai guru. Tapi seberapa besar tanggungjawab guru terhadap perkembangan moral ummat dan bangsa ini?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa menuntut ilmu adalah wajib hukumnya, demikian sebaliknya, menyampaikannya adalah kewajiban. Seperti yang kita ketahui betapa besar ganjaran bagi seorang guru yaitu syurga, bagi mereka yang mengajarkan kebaikan. Sedemikian besarkah ganjaran yang diterima seorang guru?

 Seberapa besarkah peran guru dalam perkembangan moralitas bangsa ini? Sebagaimana kita ketahui, baik buruknya
seseorang dipengaruhi oleh lingkungan, baik lingkungan keluarga, terlebih lagi lingkungan masyarakat. Di sini semua elemen bertanggungjawab. Seorang ibu yang merupakan guru pertama dan utama seorang anak, al ummu madrasatul ummah. Begitu juga seorang ayah, like father like son. Begitu juga dengan kita anggota keluarga dan anggota masyarkat, memiliki andil yang besar dalam perkembangan moralitas ummat dan bangsa.

Sangat masuk akal, seorang Hasan Al-Banna yang menempatkan guru sebagai tujuan tertinggi dalam pergerakannya. Baik buruknya moralitas ummat dan bangsa ini adalah cermin dari kualitas lingkungan kita, lingkungan pendidikan, lingkungan keluarga maupun masyarakat, yag pada akhirnya merupakan cermin dari diri kita pribadi yang merupakan bagian dari itu semua.



Sebuah peradaban yang maju, di mulai dari pribadi yang dengan karakter kuat, visioner, berakhlak dan beragama dengan benar. Sholeh serta muslih. Sebagaimana sesosok yang kita kagumi dan kita teladani, Muhammad ibn Abdullah, peradaban yang maju, yang belum ada sebelumnya, ia mulai dari kepribadiannya.


Itulah guru peradaban. Termasuk kita salah satu bagian darinya. Kita semua adalah guru, guru peradaban. Mari kita posisikan diri kita masing-masing sebagai bagian darinya. Tentu saja bagian yang mengantarkan pada perkembangan moralitas yang berkualitas. 
Description: Guru Peradaban Rating: 4.5 Reviewer: Pak Sam ItemReviewed: Guru Peradaban
Posted by:Mbah Qopet
Admin Pembelajar Updated at: 14:17

0 comments

Post a Comment