Jurus Menjadi Mahasiswa

Apa itu mahasiswa? Siapa itu mahasiswa? Mengapa menjadi mahasiswa? Dan segudang pertanyaan lain tentang mahasiswa. Jawabannya, diantara mahasiswa sendiri banyak yang tidak tahu jawabannya. Mungkin tahu, tapi kurang tepat. Mungkin itu salah satu penebab “distorsi” mahasiswa.
Disini sedikit mengupas tentang mahasiswa, yang tertuang dalam rumus 5W+1H, rumus yang sangat populer di saat pelajaran Bahasa Indonesia saat di SMP maupun di SMA. Hal ini sangat mendasar karena banyak diantara mahasiswa yang tidak tahu apa itu mahasiswa, tugas, fungsi dan peran, serta lainnya yang ada pada mahasiswa. Semoga tulisan yang singkat lagi sederhana ini bisa menambah wawasan dan cakrawala pemikiran kita
WHAT?
Apa itu mahasiswa?
Menurut UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Bab VI bagian ke empat pasal 19 bahwasanya “ mahasiswa ” itu sebenarnya hanya sebutan akademis untuk siswa/ murid yang telah sampai pada jenjang pendidikan tertentu dalam masa pembelajarannya. Sedangkan secara harfiyah, “ mahasiswa ” terdiri dari dua kata, yaitu ” Maha ” yang berarti tinggi dan ” Siswa ” yang berarti subyek pembelajar ( menurut Bobbi de porter ), jadi dari segi bahasa “ mahasiswa ” diartikan sebagai pelajar yang tinggi atau seseorang yang belajar di perguruan tinggi/ universitas.

Dalam arti luas, Mahasiswa adalah seorang pembelajar yang tidak hanya duduk di bangku kuliah kemudian mendengarkan tausiyah dosen, lalu setelah itu pulang dan menghapal di rumah untuk menghadapi ujian tengah semester atau Ujian Akhir semester. “ mahasiswa ” dituntut untuk menjadi seorang ikon-ikon pembaharu dan pelopor-pelopor perjuangan yang respect dan tanggap terhadap isu-isu sosial serta permasalahan umat dan bangsa.

Apa peran dan Fungsi Mahasiswa?
Sebelumnya, ada beberapa macam label yang disandangkan kepada mahasiswa, diantaranya:
1.       Direct Of Changemahasiswa bisa melakukan perubahan langsung karena SDM yg banyak dan mendukung
2.      Agent Of Change, mahasiswa agent perbahan, yaitu mahasiswa merupakan SDM yang berkualitas yang bisa membawa perubahan tentunya perubahan pada hal yang positif
3.      Iron Stockstok sumber daya manusia dari yang berkualitas
4.      Moral Force, mahasiswa itu kumpulan orang yg memiliki moral yg baik.
5.      Social Controlmahasiswa itu pengontrol kehidupan sosial.
Secara garis besar, peran dan fungsi mahasiswa adalah:
1.    Peranan Moral, dunia kampus merupakan dunia di mana setiap mahasiswa dengan bebas memilih kehidupan yang mereka mau. Disinilah dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri masing-masing sebagai indidu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat.
2.    Peranan Sosial. Selain tanggung jawab individu, mahasiswa juga memiliki peranan sosial, yaitu bahwa keberadaan dan segala perbuatannya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya.
3.    Peranan Intelektual. Mahasiswa sebagai orang yang disebut-sebut sebagai insan intelek haruslah dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata. Dalam arti menyadari betul bahwa fungsi dasar mahasiswa adalah bergelut dengan ilmu pengetahuan dan memberikan perubahan yang lebih baik dengan intelektualitas yang ia miliki selama menjalani pendidikan.

Secara garis besar, seperti itulah gambaran mahasiswa, yang selama ini banyak mahasiswa tidak mengetahuinya, sehingga mereka menjadi mahasiswa yanga sebatas formalitas. Datang ke kampus, mendengarkan tausiyah  dari dosen, selsai lalu pulang, dan menghafal di rumah untuk persiapan uajian tengah semester atau ujian kahir semester. Sungguh rugi menjadi mahasiswa seperti itu. Masyarakat, bangsa bahkan negara memerlukan action kita, melalui peran dan fungsi kita sebagai mahasiswa. Seorang mahasiswa, saya yakin sudah tahu, bahkan faham bagaimana mewujudkan peran dan fungsi serta pengertian dari mahasiswa.

Mari kita bersama-sama mewujudkan itu semua, sehingga tercipta harmoni di antara kita, di masyarakat bangsa bahkan negara.

                                                                                          Bersambung...................
Description: Jurus Menjadi Mahasiswa Rating: 4.5 Reviewer: Pak Sam ItemReviewed: Jurus Menjadi Mahasiswa
Posted by:Mbah Qopet
Admin Pembelajar Updated at: 21:07

0 comments

Post a Comment